Dilema Timnas Indonesia

Timnas Indonesia telah dikalahkan Malaysia dengan skor 3-0 tanpa balas di partai final leg 1 AFF Cup 2010. Ini merupakan kekalahan tragis bagi Garuda. Karena seperti diketahui, Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 5-1 pada babak penyisihan. Untuk menjadi juara, Indonesia harus tampil all-out dan menang minimal 4-0.
Usai kekalahan itu, pelatih Alfred Riedl secara blak-blakan mengakui, faktor di luar lapangan ikut menyebabkan para pemain kehilangan konsentrasi saat menghadapi Malaysia. Sebagaimana diketahui menjelang partai final, timnas Indonesia disibukkan dengan berbagai aktivitas di luar lapangan, seperti wawancara tiap hari di stasiun televisi, jamuan makan siang di rumah Aburizal Bakrie, dan terakhir sehari sebelum berangkat ke Malaysia adalah istighosah [doa bersama] di Pondok Pesantren Assidiqiyah.
Bahkan saat terbang melalui pesawat charter milik Bakrie, hampir semua pemain secara bergilir diwawancarai televisi. Menurut Riedl, semuanya tidak perlu.
“Tidak hanya media, tapi juga publik dan federasi [PSSI] memberikan agenda yang tidak sepatutnya terjadi. Semuanya tidak perlu, karena saya lebih baik mempersiapkan tim, daripada melihat para pemain diwawancarai, difoto, terlalu berlebihan. Terlalu banyak hype,” kata Riedl.
Padahal, langkah Garuda untuk menjadi kampiun piala AFF belum selesai. Indonesia belum pasti menjadi juara. Tetapi ekspos media dan berbagai kegiatan nonteknis lainnya sangat berlebihan, dan menyebabkan para pemain membuang-buang waktu dan tenaga. Dan yang bertanggungjawab atas hal ini tidak lain adalah ketua umum PSSI, Nurdin Halid.
Selain itu, salah satu factor yang ikut disorot adalah laser yang mengarah ke pemain Indonesia. Jelas hal ini membuyarkan konsentrasi pemain. Pelatih Malaysia, Rajagopal mengatakan bisa saja sorot laser itu berasal dari pendukung Indonesia. Sangat jelas opini ini sangat tidak beralasan. Kalaupun sorotan laser berasal dari supporter Indonesia, mengapa bukan pemain Malaysia saja yang disorot. Lagipula, sejak pertandingan semifinal Malaysia vs Vietnam sorotan laser itu sudah terjadi.
Walaupun Indonesia telah dikalah dengan skor 3-0, kita masih berharap Indonesia mampu membalas di leg 2 nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s