10 Pemain Muslim Afrika yang Sukses di Klub Top Eropa

Gema piala Afrika 2012 telah terdengar. Berikut ini 10 Pemain Muslim Afrika yang Sukses di Klub Top Eropa. Sebenarnya masih banyak selain mereka, tetapi menurut saya merekalah yang terbaik.
1. Frédéric Oumar Kanouté (lahir di Sainte-Foy-lès-Lyon, 2 September 1977) adalah pemain sepak bola Mali yang bermain untuk Sevilla. Frédéric Kanouté dinobatkan menjadi Pemain Terbaik Afrika pada tahun 2007 dan merupakan pemain pertama yang menerima penghargaan yang dilahirkan di luar Afrika. Frédéric Kanouté menyumbangkan uang $700.000 untuk membeli Mesjid yang akan di bongkar di Spanyol, disebabkan penurunan jumlah pemeluk Islam. Frédéric Kanouté menikah dengan Fatima dan telah dikaruniai dua orang anak, Ibrahim dan Imam. Kanouté juga telah merasakan gelar Piala UEFA 2007 dan 2007, Piala Super Eropa 2007, Copa del Rey 2007, dan Piala Super Spanyol 2007.

2. Demba Ba (lahir di Sèvres, Perancis, 25 Mei 1985) merupakan seorang pemain sepak bola kelahiran Perancis berkebangsaan Senegal yang bermain sebagai penyerang untuk klub Newcastle United di Liga Primer Inggris dan tim nasional Senegal. Demba Ba yang didatangkan ke Newcastle dengan status bebas transfer membuat sensasi dengan menjadi top skor kedua Liga Premier Inggris setelah Robin van Persie.
Ba pernah bermain FC Rouen, R.E. Mouscron, TSG 1899 Hoffenheim, dan West Ham United sebelum bergabung dengan Newcastle pada bulan Juni 2011. Setelah mencetak gol, ba selalu bersujud. Bangga menjadi seorang muslim…

3. Seydou Keita, Lahir pada 16 January 1980, di Bamako, Mali. Posisi gelandang, dan sekarang bermain di FC Barcelona dan Timnas Mali. Sebelumnya dia sempat berseragam Marseille sampai tahun 2000, FC Lorient sampai tahun 2007, RC Lens sampaitahun 2007, Sevilla sampai tahun 2008, kemudian Barcelona sampai sekarang. Dia telah merasakan gelar Liga Champions Eropa sebanyak dua kali, yaitu pada musim 2008-2009, dan 2010-2011 bersama Barcelona serta gelar-gelar lainnya.

4. Kolo Habib Touré, lahir 19 Maret 1981, tempat lahir Bouake, Pantai Gading, posisi bermain Bek. Klub saat ini Manchester City, dan sebelumnya membela Arsenal selama tujuh musim. Mulai dari tahun 2002-2009. Toure juga bermain untuk Timnas Pantai Gading.

5. Gnégnéri Yaya Touré, lahir 13 Mei 1983, lahir di Sekoura Bouaké, Pantai Gading. Posisi bermain Gelandang, merupakan adik dari Kolo Toure. Bermain untuk Manchester City sejak 2010 dan Timnas Pantai Gading. Sebelumnya dia pernah bermain untuk Barcelona selama tiga musim dan telah merasakan gelar Liga Champions Eropa musim 2008-2009.

6. Marouane Chamakh, lahir di Tonneins, Maroko. Merupakan penyerang di Arsenal dan Timnas Maroko. Bermain apik di Bordeaux, Chamakh kemudian didatangkan ke Emirates Stadium pada musim 2010-2011. Tetapi karena kalah bersaing, Chamakh sering menjadi cadangan. Walaupun begitu, Arsene Wenger tetap mempertahankannya pada bursa transfer Januari 2012

7. Mounir El Hamdaoui, lahir di Rotterdam, Belanda, merupakan striker Ajax Amsterdam dan Timnas Maroko.
Menjadi mesin gol di AZ Alkmaar, Mounir pun dibeli Ajax.

8. Carlos Idriss Kameni, lahir di Douala, 18 Februari 1984, merupakan kiper dari Malaga FC dan Timnas Kamerun. Sebelum bermain di Malaga, Kameni menjadi kiper nomor satu di Espanyol FC, dan akhirnya dibeli Malaga pada bursa transfer Januari 2012.

9. Sulley Muntari, merupakan gelandang AC Milan yang juga merupakan pemain asal Ghana. Sebelum menjadi pemain kunci di AC Milan, dia sempat bermain di Inter Milan dan klub liga Inggris, Sunderland.

10. Mohamed Lamine “Momo” Sissoko Gillan (lahir di Mont-Saint-Aignan, 22 Januari 1985) adalah pemain sepak bola Mali kelahiran Perancis yang saat ini bermain untuk Paris Saint Germain di Ligue 1 Prancis dan tim nasional Mali. Meskipun ia bisa terpilih untuk bermain untuk Prancis internasional, ia memilih untuk bermain untuk negara asalnya Mali. Posisi Sissoko adalah gelandang bertahan. Sebelum bermain di PSG, Sissoko bermain di Valencia, lalu bergabung di Liverpool pada tahun 2004, Juventus pada tahun 2008, dan akhirnya ke PSG. Di klub-klub tersebut, Sissoko telah merasakan gelar-gelar bergengsi klub eropa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s