5 Jalan Terpanjang di Makassar

2868505181_17d6b37e2a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah sekian lama saya tidak menulis tentang makassar, akhirnya kali ini saya kembali menulis tentang kota kita tercinta, kota Makassar. Tulisan ini juga telah lama saya rencanakan, akan tetapi baru sekarang saya menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Sedikit catatan, data-data dalam tulisan ini mungkin kurang akurat. Terutama tentang panjang jalan yang saya cantumkan, karena saya hanya menghitungnya melalui Google Earth (tidak mungkin saya mengukurnya dengan mistar). Jadi, jika anda menemukan data-data yang lebih akurat atau jalan lain di Makassar yang lebih panjang dari yang saya tulis di sini, maka siahkan menanggapi di kolom komentar.

1. Jalan Perintis Kemerdekaan (11 km)

Ketika anda memasuki gerbang kota Makassar dari kabupaten Maros, anda langsung melewati jalan ini. Jalan ini terbentang dari batas kota, sampai tugu adipura. Walaupun di sekitar bandara banyak yang menganggap ruas jalan ini sebagai jalan poros Makassar, tetapi tidak ada satupun papan jalan yang menuliskan demikian. Di sepanjang jalan ini, terdapat banyak objek penting atau akses ke objek penting. Seperti akses ke Bandara, akses ke jalan tol (Ir. Sutami), akses ke Universitas Hasanuddin, akses ke BTP/Telkomas, pesantren Immim putra, dan banyak markas TNI terdapat di sepanjang ruas jalan ini. Pete-pete yang lewat di jalan ini adalah pete-pete daya, BTP, dan kampus unhas.

2. Jalan Veteran Utara-Selatan (6 km)

Jalan ini terbentang mulai dari perempatan Masjid Raya-Jalan Bandang-Jalan Veteran, hingga pertigaan Jalan Sultan Alauddin-Jalan Kumala-Jalan Veteran. Di sepanjang jalan ini, banyak percabangan ke jalan lain. Seperti jalan Abu Bakar Lambogo, jalan Sungai Saddang, jalan Ratulangi, dll. Pete-pete yang lewat di jalan ini adalah pete-pete veteran-sentral dan unhas-veteran.

3. Jalan Urip Sumohardjo (5 km)

Jalan ini terbentang mulai dari tugu adipura sampai jalan Bawakaraeng. Di sepanjang jalan ini, terdapat objek penting seperti Kodam, Universitas Muslim Indonesia, Universitas 45, rumah Sakit Ibnu Sina, Graha Pena Fajar, Gedung Pajak, jalan layang (tempat demonya mahasiswa Makassar J), kantor DPRD Sulsel, kantor Gubernur, Rumah Sakit Awal Bros, dll. Hampir semua pete-pete, terutama yang menuju Pasar Sentral lewat di sini.

4. Jalan A. P. Pettarani (5 km)

Jalan ini terbentang mulai dari traffic light flyover sampai pertigaan dengan jalan Sultan Alauddin. Di jalan ini terdapat kantor PT Telkom Indonesia, Telkomsel, dan sekolah saya, SMK Telkom. Selain itu, terdapat juga beberapa objek penting seperti Universitas Negeri Makassar, Hotel Clarion, kantor DPRD Makassar, dll. Ada juga penjual coto yang enak di sini, yaitu coto Paraikatte. Pete-pete yang lewat di jalan ini adalah pete-pete unhas-pettarani (07) dan UNM-sentral.

5. Jalan Abdullah daeng Sirua (5 km)

Jalan ini dimulai dari tugu adipura hingga tembus di jalan A. P. Pettarani. Kurang lebih setengah dari panjang jalan ini juga terbentang sungai milik PDAM.walaupun di jalan ini tidak banyak tempat-tempat penting, tetapi jalan ini selalu dipadati kendaraan di pagi dan sore hari. Pasalnya, jalan ini adalah salah satu akses ke jalan A. P. Pettarani, dan ruas jalan Abdullah daeng Sirua juga dapat dikatakan sempit. Pete-pete yang lewat di jalan ini adalah pete-pete unhas-pettarani (07), pete-pete Antang-Sentral, dan SMA5-Sentral (hanya pete-pete 07 yang melintasi seluruh jalan ini.

One thought on “5 Jalan Terpanjang di Makassar

  1. syahdar mengatakan:

    Sepertina cocokmi anjo dekkeng
    Tapi satu nulupai jalan terlama [d̲̅i̲̅] makkasar, anjo cakmak cakmaya nikana Jalangkote..
    Minggu sore klo cerahji ke taman segitiga liput tommi komunitas Doggylicious.
    ƗƚɑƗƚɑƗƚɑƗƚɑƗƚɑ
    Hantu Vespa Blue 5003 is back

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s