Sehat dengan Ramadhan

Artikel ini diambil dari materi acara Penataran Seputar Ramadhan pada 29-30 Juni 2013 di Masjid Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, oleh Prof. dr. Veny Hadju, Ph.D. Mohon maaf jika artikel ini tidak sistematis, karena artikel ini merupakan catatan saya saat acara tersebut.

PENGANTAR
Stroke merupakan penyebab kematian nonor satu di dunia. Stroke dapat berawal dari kegemukan yang diawali dari kebiasan makan yang buruk. Mengkonsumsi junkfood, dan softdrink, menyebabkan kegemukan dan perut buncit, yang di mana perut mengandung lemak beracun (white adipose tissue). Selain pola makan buruk, emosi berlebuhan juga menyebabkan stroke. Dengan puasa, hal-hal yang dijelaskan tadi tidak akan terjadi insyaAllah.
MENGAPA BERPUASA?
1. Mengistirahatkan organ pencernaan, sehingga organ tersebut akan menjadi sempurna kembali kerjanya.
2. Membersihkan saluran pencernaan dari zat racun (detoktifikasi)
3. Mengeluarkan simpanan glikogen dan lemak, sehingga obesitas dapat dicegah.
Puasa memang memberikan rasa lapar dan haus, tetapi sangat banyak manfaatnya. Yaitu:
1. Fungsi jantung menjadi normal
2. Mengistirahatkan hati
3. Membakar lemak di bawah kulit
4. Mefungsikan cadangan protein
5. Mencerdaskan otak
6. Meregenerasi sel kulit
7. Memperbaiki kadar kolestrol, meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL

PENCERNAAN MAKANAN
Makanan membutuhkan waktu 8 jam untuk dicerna sampai menjadi feses. Tanpa puasa, organ pencernaan tidak pernah istirahat.
Hitunglah kita makan 3 kali sehari, yaitu jam 7.00, 12.00, dan 20.00. Jumlahkan jam makan tersebut dengan 8 (misalnya, 7+8=15, dst). Maka hasil penjumlahan itu merupakan waktu/jam selesainya organ pencernaan bekerja.
Bandingkan dengan saat berpuasa, kita makan hanya 2 kali sehari. Lakukanlah penjumlahan seperti di atas dengan waktu sahur dan buka puasa. Maka dari hasin penjumlahan tersebut, kita dapat melihat bahwa organ pencernaan mendapatkan waktu istirahat.

TIPS BERPUASA
1. Berbuka dengan kurma, air, atau yang manis
2. Jangan tinggalkan sahur
3. Jangan makan terlalu banyak saat buka
4. Hindari makanan dingin, asam, pedas, dan bersantan
5. Kurangi makanan berlemak
6. Makan makanan berserat
7. Jangan makan melebihi 1/3 dari perut
8. Perbanyak doa, dzikir, dan mengaji

CONTOH POLA MAKAN
1. Sahur
Nasi ½-1 porsi, lauk masing-masing 1 porsi nabati dan hewani, sayur dan buah masing-masing 1-2 porsi.
2. Buka
Kurma, air, 1 kue manis, selebihnya sama dengan sahur.
3. Tambahan
Minum 2 sendok makan madu dan air saat sebelum tidur dan bangun, minum air setelah / ½ jam sebelum makan malam, dan batasi gula, kopi, dan teh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s