Sifat Israf dan Tabdzir

Salah satu sifat tercela yang sulit lepas dari kehidupan sehari-hari adalah sifat berlebih-lebihan, atau israf. Allah tidak menyukai sifat israf, sebagaimana dalam firman Allah, Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al A’raf 31).

Menurut seorang tabi’in, Atho’ bin Abi Rabah, israf adalah perbuatan berlebihan dalam makanan, minuman, pakaian dalam kondisi tidak dibutuhkan.

Contoh yang sering kita alami, ketika membeli makanan terlalu banyak yang pada akhirnya tidak habis dimakan, lalu terbuang percuma. Padahal masih banyak orang yang membutuhkan makanan, lalu kita dengan mudahnya membuang makanan. Contoh lain, yang sering dilakukan kaum wanita, adalah hobi belanja. Membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, seperti pakaian, tas, atau benda lainnya. Padahal barang-barang tersebut masih banyak mereka miliki.

Sifat israf ini hampir mirip dengan tabdzir, atau mubadzir. Mubadzir adalah perbuatan membelanjakan harta dalam hal kemaksiatan atau perbuatan sia-sia. Allah berfirman, Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya (Al Isra’ 27).

Contoh dari perbuatan tabdzir adalah membelanjakan harta untuk berpesta di tempat hiburan, atau membeli sesuatu yang haram.

Kedua sifat di atas tidak hanya menyangkut kita dengan Allah, tapi juga kepada sesama manusia. Karena betapa banyak harta yang kita hamburkan, sedangkan masih banyak kaum fakir miskin yang butuh pertolongan.

Semoga kita dapat menghindari sifat israf dan tabdzir, dan semakin peduli kepada sesama manusia.

 

2 thoughts on “Sifat Israf dan Tabdzir

  1. tasyah mengatakan:

    syukran katsiran atas pembahasannya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s