Agar Didoakan Para Malaikat

Doa adalah sarana untuk meminta sesuatu kepada Allah. Orang dapat berdoa sendiri, dan dapat pula meminta didoakan kepada orang lain. Namun, bagaimanakah jika yang mendoakan kita adalah malaikat?

Malaikat adalah makhluk yang tidak memiliki hawa nafsu, jadi mustahil baginya untuk berbuat maksiat. Sedangkan manusia, hari-harinya diisi dengan dosa dan maksiat. Tiada hari tanpa dosa. Sedangkan dosa dan maksiat adalah salah satu penghalang diterimanya doa. Maka tentulah jika seseorang didoakan oleh malaikat, doa malaikat akan lebih cepat terkabulkan.

Allah subhanahu wa taala berfirman, yang artinya: 007. (Malaikat-malaikat) yang memikul `Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang bernyala-nyala,

008. ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga `Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,

009. dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu, maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar”. (Surah Ghafir 7-9)

Pada ayat di atas disebutkan, yang berdoa adalah malaikat pemikul arsy. Tentu tidak ada sesuatupun yang menghalanginya dari Allah. Tetapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seorang mukmin agar didoakan malaikat pemikul arsy.

  1. Bertaubat, atau memperbanyak taubat. Setiap hari kita pasti berbuat dosa. Dan taubat adalah penghapus dosa. Biasakanlah beristighfar setiap kali berbuat kesalahan.
  2. Mengikuti jalan Allah. Hal ini berhubungan dengan bertaubat. Orang yang senantiasa bertaubat akan dekat dengan Allah, sedangkan orang yang terus menerus memperbanyak dosa akan jauh dari jalan dan rahmat Allah.

Selain mendoakan diri kita, para malaikat juga berdoa untuk orangtua dan keluarga kita. Tapi dengan syarat yang disebutkan di atas.

Masih ada beberapa amalan yang dengannya para malaikat mendoakan kita. Diantaranya yaitu:

  1. Shalat shubuh berjamaah di Masjid
  2. Shalat di shaf pertama dan kedua
  3. Berada dalam majelis ilmu
  4. Bershadaqah
  5. Tinggal di masjid setelah shalat hingga tiba waktu shalat setelahnya
  6. Berdoa untuk saudara seislam tanpa diketahui oleh yang didoakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s