Hafal Quran, Game Islami Dengan Platform GNU-Linux

Akhir-akhir ini game berkembang tidak hanya sekedar permainan digital yang hanya menghabiskan waktu tanpa memberi efek edukasi. Sekarang telah banyak pengembang game yang membuat game edukatif untuk anak-anak. Salah satunya adalah game Hafal Qur’an buatan Pring Studio, pengembang aplikasi asal Jawa Timur.

Pada game yang pertama dirilis pada Nopember 2014 ini, ayat-ayat Al Qur’an juz 30 akan diacak seperti puzzle. Sehingga ayat-ayat tersebut disusun sesuai urutannya dengan pembagian level sesuai dengan urutan surah dari An Naas sampai An Naba. Untuk tiap level yang langsung diselesaikan dengan benar akan diberi nilai 50, dan tiap salah nilai dikurangi 10.

Screenshot from 2016-06-02 21-51-39

Tampilan awal

Screenshot from 2016-06-02 21-51-45

Pemilihan level

Screenshot from 2016-06-02 13-18-32

Ayat disusun sesuai urutannya

Game ini awalnya dikembangkan untuk platform android, dan dibuat untuk kompetisi yang diselenggarakan Baidu Indonesia. Namun saat ini telah tersedia versi desktop untuk platform Ubuntu (dan turunannya). Selain itu, game telah dimasukkan dalam rilis Grombyang OS 2.0 (salah satu hasil remaster Ubuntu asal Indonesia).

Untuk menginstall Hafal Qur’an di Android, langsung saja ketik “hafal quran” pada menu pencarian dan game Hafal Qur’an akan berada di urutan pertama, atau dengan mencarinya di Baidu mobomarket. Sedangkan untuk menginstall di Ubuntu dan turunannya, silahkan install via ppa dengan mengetik perintah berikut di Terminal:

 

$ sudo add-apt-repository ppa:bedouin/islamic

$ sudo apt-get update

$ sudo apt-get install libqt4-sql-sqlite hafalquran-game

 

Saat ini, Hafal Qur’an telah dibuat untuk arsitektur armhf, sehingga bisa digunakan di komputer mini Raspberry Pi 2 dengan sistem operasi Ubuntu Mate. Selain itu, pihak pengembang sedang mengembangan game ini dengan material design. Sehingga tampilan pada versi barunya in sya Allah akan jauh lebih baik lagi.

Penilaian saya setelah mencoba Hafal Qur’an versi mobile dan desktop, game ini sangat menarik dan bagus. Saya juga telah memberikan game ini kepada santri TPA sebagai selingan saat pelajaran hafalan juz 30, dan mereka sangat antusias memainkannya. Yang paling menarik bagi saya adalah tulisannya yang serupa dengan khat Al Qur’an Madinah, sehingga mudah dibaca. Namun sebagaimana aplikasi lainnya, game ini juga memiliki kekurangan. Seperti pada surah Al Kafirun ayat 3 dan 5 yang belum bisa ditukar urutannya, walaupun ayatnya sama. Selain itu, untuk versi mobile harus dimainkan dengan ponsel terhubung dengan internet.

Screenshot_2016-06-02-13-13-16

Tampilan game versi mobile, hampir serupa dengan versi desktop. Hanya font yang berbeda.

Bagi yang ingin bertanya tentang game ini, silahkan bertanya langsung ke pengembangnya. Pengembang dapat dihubungi melalui halaman Facebook “Hafal Quran” dan website http://hafalquran.amzone.web.id. Satu yang terpenting, game ini gratis dan open source. Jadi tunggu apa lagi, segera download di ponsel dan komputer Anda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s