Beribadah Sekaligus Berwisata di Masjid Raya Sumatera Barat

1453896340-Masjid_raya

Masjid Raya Sumatera Barat dari arah selatan | Photo by sumbarprov.go.id

Masjid Raya Sumatera Barat adalah Masjid terbesar di Sumatera Barat, yang terletak di persimpangan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Padang, Sumatera Barat. Dilansir wikipedia, pembangunan masjid dengan kapasitas hingga 6000 jamaah ini dimulai pada 21 Desember 2007.

Meskipun pada september 2009 kota Padang dan sekitarnya diterjang gempa, dan dana bantuan dari Saudi dialihkan untuk rehabilitasi Sumatera Barat pasca gempa, pembangunan Masjid ini tidak dihentikan. Masjid ini pertama kali digunakan untuk shalat Jumat pada 7 Februari 2014 dan digunakan shalat tarawih pada Ramadhan 1435.

Setelah mendapat bantuan dana dari Kementerian PU dan APBD, akhirnya Masjid yang diklaim tahan gempa ini dapat dikatakan rampung tahun ini meskipun masih ada beberapa bagian yang belum tuntas.

Masjid seluas 4225 m2 ini terdiri dari tiga lantai, dengan lantai tiga yang tidak seluas lantai dua. Di lantai satu terdapat ruang pertemuan, ruang penjagaan, dan tempat wudhu. Sedangkan ruang shalat berada di lantai dua dan tiga.

Jamaah yang datang ke sini tidak hanya datang untuk shalat. Namun juga datang untuk menikmati kemegahan Masjid ini. Atap Masjid ini berbentuk bagonjong / model atap rumah gadang, dengan motif ukiran songket dan lafaz Allah dan Muhammad. Sementara di bagian dalam Masjid terhampar karpet sajadah sumbangan pemerintah Turki dan plafon berukir asmaul husna di sisi depan. Namun jumlah kipas di dalam Masjid ini masih kurang, sehingga jika Masjid telah dipenuhi jamaah, maka akan terasa cukup panas meskipun Masjid ini memiliki ventilasi udara yang banyak.

Pada bulan Ramadhan, sebagaimana disampaikan pengurus Masjid sewaktu penulis shalat Jumat sehari sebelum Ramadhan ini, di Masjid Raya Sumbar dilaksanakan buka puasa bersama, ceramah tarawih dari para Ulama Sumbar, shalat tarawih setengah juz dalam delapan rakaat, ceramah shubuh, kajian dhuha dan tadarrus bersama sebelum shalat zhuhur. Ada juga i’tikaf di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan.

Berikut ini beberapa foto dari beberapa sisi Masjid. Foto ini saya ambil sehari sebelum Ramadhan tahun ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s