Shalat Tarawih Satu Juz Tiap Malam di Masjid Kampus Baiturrahmah Padang

Masjid Jabal Rahmah By Pass Tampak Depan

Masjid Jabal Rahmah dari tepi Jalan Bypass | dokumentasi pribadi

Masjid Jabal Rahmah, Padang, merupakan Masjid yang berada dalam kompleks Universitas Baiturrahmah dan Rumah Sakit Siti Rahmah. Sehingga terkadang Masjid ini juga disebut Masjid Baiturrahmah. Masjid ini dikelola oleh Yayasan Baiturrahmah, yang didirikan seorang saudagar Padang bernama Haji Amran, yang juga mengelola Universitas Baiturrahmah dan Rumah Sakit Siti Rahmah.

Sebelum pembangunan Masjid ini, sudah ada sebuah Masjid yang berdiri di bagian belakang lahan milik Yayasan Baiturrahmah ini. Namun karena Masjid sudah tidak mampu menampung jumlah jamaah yang begitu banyak (terutama hari Jumat), maka pada tahun 2015 dibangun Masjid baru di bagian depan dan bersebelahan dengan kampus Universitas Baiturrahmah. Masjid yang digunakan mulai tahun 2016 ini pun lebih mudah diakses karena langsung berhadapan dengan Jalan Raya By Pass, Aie Pacah.

Masjid ini memiliki empat menara dan kubah yang bersusun di bawah sebuah kubah besar. Meskipun hanya berwarna dasar putih, Masjid ini justru terlihat megah dengan sorotan lampu bercahaya hijau di beberapa sisi Masjid saat malam hari. Jendela dan pintu kaca dengan lafaz Allah, serta pintu kayu dengan ukiran lafaz Muhammad memperlihatkan kemegahan Masjid ini dari luar.

Sedangkan dari dalam Masjid, Anda langsung disambut oleh udara sejuk dari pendingin udara yang dipasang di atas plafon. Bagian dalam Masjid juga dihiasi dengan beberapa kaligrafi di bagian dalam kubah dan ukiran kayu bertuliskan ayat Al Qur’an di dinding depan. Beberapa lampu gantung khas timur tengah juga makin menampakkan kemegahan bagian dalam Masjid, selain tentu berfungsi menyinari bagian dalam Masjid.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada Bulan Ramadhan ini, tiap malam Masjid Jabal Rahmah menyelenggarakan shalat tarawih dengan bacaan satu juz dan 20 rakaat tiap malam, dengan dipimpin para hafizh dan qari’ terbaik di Padang. Tidak ada ceramah tarawih di sini, sehingga beberapa saat setelah shalat isya maka shalat tarawih langsung dilaksanakan. Beberapa kotak air minum gelas disiapkan untuk para jamaah tarawih, dan di akhir malam juga disiapkan makanan untuk para jamaah yang menyelesaikan tarawihnya sampai witir. Pada sepuluh malam terakhir Ramadhan, juga dilaksanakan i’tikaf dengan agenda utama qiyamullail.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s